Activity

  • beliefbox2 posted an update 1 month, 2 weeks ago

    SariAgri – Air payau merupakan hasil perpaduan dari air tawar dan air laut asin yang biasa dijumpai di daerah muara sungai atau pesisir pantai. Di perairan ini banyak sekali hidup berbagai jenis ikan hasil dari adaptasi lingkungan.

    Sebagian merupakan ikan laut yang beradaptasi di perairan tawar dan sebagian lagi ikan air tawar yang beradaptasi dengan perairan asin. Ikan air payau termasuk dalam kategori ikan yang mudah dibudidayakan.

    Ikan dari perairan ini banyak diminati pembudidaya antara lain karena pemeliharannya yang tidak terlalu rumit, cepat besar, banyak diminati pasar dan harganya cenderung tinggi.

    Berikut lima jenis ikan air payau yang paling banyak dibudidayakan:

    1. Kakap Putih (Barramundi)

    Ikan dengan nama latin Lates calcarifer ini dapat hidup di daerah tropis maupun semitropis. Selain itu, ikan ini dapat hidup di air payau dan air laut asin. Temperatur habitat kakap putih di kisaran 20 derajat Celcius.

    Kakap putih bisa berukuran sampai dengan 1,8 m dengan berat 60 kg. Ikan ini termasuk hewan karnivora yang memangsa ikan yang lebih kecil dan kelompok udang-udangan.

    2. Kerapu

    Kerapu termasuk jenis ikan payau yang populasinya mulai berkurang. Ikan ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu kerapu lumpur, macan, dan bebek Kerapu termasuk dalam ikan yang jadi favorit karena rasanya yang sangat lezat. Dibanding ikan payau lainnya, harga kerapu cukup mahal.

    3. Bandeng

    Bandeng merupakan ikan air payau yang cukup populer. Ikan yang merupakan oleh-oleh khas kota Semarang ini punya ciri daging putih dengan serat halus dan rasa gurih. Ikan ini banyak dibudidayakan karena dapat ditebar dengan kepadatan tinggi. Setelah empat bulan, bandeng dapat mencapai berat rata-rata 450 gr.

    4. Bawal

    Ikan ini menjadi salah satu pilihan untuk dibudidayakan karena cepat besar dan banyak diminati pasar. bawal sebenarnya termasuk jenis ikan tawar tapi ikan ini juga bisa hodup di air payau.

    5. Patin

    Ikan patin cukup populer dibudidayakan karena dagingnya yang banyak dan cepat besar. Di samping itu, ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner.

    Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius. Ikan jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Beberapa patin yang hidup di Sungai Mekong bisa mencapai panjang lebih dari dua meter. (Monica Adelina)

    Perikanan

    Perikanan